Android Honeycomb untuk Tablet PC, Bukan untuk Smartphone

Android Honeycomb untuk Tablet PC, Bukan untuk Smartphone.

Sistem operasi Android Honeycomb yang merupakan sistem operasi Android yang baru, mempunyai spesifikasi minimal pada prosesor yang dipergunakan untuk menjalankannya. Android Honeycomb minimum berjalan di CPU dual-core ARM Cortex-A9 atau NVDIA Tegra 2. Selain itu, Layar yang digunakan pada Android Honeycomb, harus minimum berukuran 7 inci, dengan resolusi 1280×720 pixels.

Dari persyaratan minimum tersebut, yaitu CPU dual-core ARM Cortex-A9 atau NVDIA Tegra 2, layar 7 inci, dengan resolusi 1280×720 pixels, maka Android Honeycomb diperkirakan hanya cocok untuk tablet PC, atau belum siap untuk smartphone.

Google selaku vendor Android Honeycomb, belum memberikan konfirmasi resmi terkait rumor ini. Meski begitu, informasi seperti ini tampaknya tak bisa dibilang sebatas basa-basi. Pasalnya, seluruh data spesifikasi terkait persyaratan minimal untuk Android Honeycomb datang dari Bobby Cha, Managing Director Enspert – perusahaan consumer electronic di Korea, yang ikut mengembangkan Android Gingerbread dan Honeycomb.

Melihat tingginya persyaratan untuk Android Honeycomb maka saat ini praktis belum ada perangkat berbasis Android yang terbilang cukup memenuhi syarat untuk menjalankan OS ini. Tak terkecuali smartphone premium Nexus S atau pun tablet Samsung Galaxy Tab, yang diketahui menggunakan prosesor Arm Cortex-A8.

Bahkan, LG Optimus 2X yang dikabarkan sudah dipersenjatai prosesor berbasis dual-core pun jika ingin mengupgrade sistem operasi ke Honeycomb bakalan masih terkendala, terutama pada sektor layar, dimana ‘diwajibkan’ berlayar 7 inci.

Kemungkinan, perangkat yang memenuhi syarat untuk bisa langsung mengadopsi Android Honeycomb yakni tablet PC Motorola DROID XOOM, yang dikabarkan telah siap menjadi tablet Honeycomb pertama yang akan digelontorkan ke pasar.

[sumber : tabloidpulsa]

Comments (1)
  1. nyol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *