5 Tips Memilih Power Bank yang Baik dan Benar

5 Tips Memilih Power Bank yang Baik dan Benar

Saat ini model dan pilihan power bank sangat banyak sekali untuk cadangan baterai saat diperjalan. Namun, sebelum anda membeli power bank anda harus mengetahui beberapa hal yang mungkin saja belum anda ketahui agar gadget anda tidak mudah rusak atau bahkan power bank yang anda beli tidak sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa tips memilih power bank yang benar :

5 Tips Memilih Power Bank yang Baik dan Benar

1. Ketahui kapasitas power bank
Saat membeli power bank anda harus mengetahui kapasitasnya. Karena ini akan membuat anda tahu berapa kali anda akan mencharger gadget anda dnegan kapasitas power bank tersebut. Jika gadget anda adalah sony xperia m dengan kapasitas baterai 1520 mah maka anda harus menggunakan power bank dengan kapasitas sama tau lebih banyak, untuk power bank dnegan kapasitas 3000 mah anda bisa melakukan charger sony xperia m 2x. Hal ini merupakan hitungna kasar karena masih ada loss atau daya yang hilang yang akan membuat pengisian berikutnya tidak sampai penuh.

2. Lihat tegangan output
Saat membeli power bank pastikan mendapatkan kabel yang satu seperti usb di hubungkan ke power bank dan yang satunya memiliki banyak cabang yang dihubungkan ke gadget. Biasanya  ada tulisan 1a dan 2a yang merupakan ampere. Jika anda mempunyai ponsel dengan baterai 1500 mah dan menggunakan kabel 1a maka anda perlu 1,5 jam dan untuk kabel 2a hanya 45 menit saja pengisiannya. Meskipun tidak sepenuhanya salah namun ada beberapa gadget yang tidak mengijinkannya. Meskipun menggunakan kabel 2a penggisian tetap menggunakan 1a.

3. Cermati fitur yang dimiliki power bank
Ada beberapa fitur keselamatan yang harus ada, jika saja suatu saat terjaid konslet yang mengakibatkan kebakarab.
–¬† Overcharger, harus ada perlindungan ini karena power bank juga akan melindungi gadget anda dari arus yang berlebihan saat pengisian sudah penuh. Jika tidak ada perlindungan maka baterai akan cepat rusak.
– Short Circuit, jika tidak ada arus pendek yang biasa melindungi gadget ii maka bisa saja akan menyebabkan terjadinya kebakaran.
– High Temperature, harus ada perlindungan agar power bank bisa mendeteksi saat menyuplai daya ke gadget tidak menimbulkan panas yang berlebihan.

4. Kelengkapan power bank
Power bank mempunyai kabel a/c, konektor, baterai asli dan juga lampu indikator. Belilah power bank yang baru, bukan yang bekas karena akan mempengaruhi daya tahan baterai untuk mengisi gadget anda.

5. Gunakan kabel gadget asli
Untuk gadget merk lokal mungkin tak ada masalah, namun jika gadget anda merk mahal gunakanlah kabel asli yang dihubungkan ke power bank. Karena kabel asli bawaan pabrik lebih stabil emngeluarkan output jika dibandingkan dengan kabel bawaan dari power bank.

Demikian 5 Tips Memilih Power Bank yang Baik dan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *