Tips Membuat Blog Dengan Custom Domain

Tips Membuat Blog Dengan Custom Domain

Sebelum anda harus mengerti terlebih dahulu mengenai definisi atau dalam bahasa Arab disebut dengan ta’rif Custom Domain. Custom domain merupakan Nama domain yang bersifat unik atau istimewa. Artinya domain itu memiliki identitas yang tidak sama dengan domain lain dan dibuat sesuai dengan keinginan si pembuat domain. Custom domain juga terkait erat dengan istilah Top Level Domain (TLD) atau domain dengan level teratas dan hanya memiliki 1 (satu) ekstensi (.com, .net, .info, dll).

Setiap website berhak memiliki custom domain dengan syarat domain yang diinginkan belum dimiliki/dipesan oleh pihak lain. contohnya blog berikut : www.ariefew.wordpress.com (walaupun aslinya blog ini tetap menggunakan layanan gratis di wordpress) dengan url asli www.ariefew.wordpress.com. (UPDATE : sekarang blog ini sudah migrasi menggunakan platform WordPress). Nah lebih lengkapnya mari kita simak tips membuat blog dengan custom domain.

Tips Membuat Blog dengan Custom Domain

Keuntungan Custom Domain

Berbicara masalah keuntungan jelas sangat banyak sekali diantaranya yaitu url blog anda akan menjadi lebih singkat, tanpa embel-embel .blogspot, selain itu terlihat lebih profesional  dan masih banyak lagi point-point penting terkait dengan keuntungan memakai (menggunakan) custom domain sendiri.

Jika anda sudah membeli Custom Domain, langkah berikutnya anda tinggal posting artikel seperti biasa, login juga sama tetap  ke blogger. Hanya saja yang berbeda adalah url blog anda saja. Karena anda sudah membeli domain sendiri otomatis url blog anda akan diarahkan ke domain yang baru kita beli tersebut.

Nah bagi anda yang tertarik untuk Custom domain blognya mungkin dapat membeli domain yang anda inginkan, saat ini banyak sekali yang menjual domain. Harganya pun juga relatif murah dan terjangkau. Untuk domain .com, .net, .org, .info (sekitar Rp. 100.000 pertahun) dan biaya perpanjangan domain itu sendiri dengan harga yang tetap (tidak berubah) dengan harga awal.

Setting Custom domain di blogspot

Sebenarnya cara settingnya pun juga sangat mudah, atau bila anda  mengalamai kesulitan anda dapat langsung meminta di settingkan dengan pihak penjual domain itu sendiri.

NB: Setting custom domain melalui pihak penjual tidak dipungut biaya alias gratis.

Demikian artikel mengenai Tips Membuat Blog Dengan Custom Domain, terima kasih. Semoga bermanfaat.

Comments (1)
  1. jessise13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *