SEO antara WordPress dan Joomla

nSEO atau Search Engine Optimization (optimisasi mesin pencari) adalah proses  yang bertujuan untuk meningkatkan volume serta kualitas trafik dari suatu search engine  pada alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan utama dari SEO adalah menempatkan suatu alamat situs / website / web  pada posisi teratas (setidaknya pada halaman pertama) dari suatu hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Hal ini dikarenakan, suatu situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Setelah aku chat YM dengan seorang teman yang mempunyai website adeesign.com yang menginstall dua engine yaitu joomla dan wordpress. Joomla di install di domain utama dan wordpress di sub domain blog.adeesign.com pada waktu yang sama dengan content yang sama.

Setelah beberapa hari dan ke index google, apa yang terjadi waktu kita ketik site:adeesign.com ? Domain utama yg pakai joomla tidak menunjuk ke contect, hanya menunjuk ke url utama saja. Sedangkan sub domain yang memakai wordpress mempunyai 4 kali lipat index di google. Kenapa ???

Permalink. Di permalink kita mengenal beberapa permalink dan yang paling bagus yaitu pretty permalink. Hal itu akan sangat mudah dilakukan di wordpress. Sedangkan di joomla walaupun joomla 1.5 sudah mempunyai SEF atau searh engine friendly sendiri, tapi untuk menjadi yang pretty masih agak sulit, apalagi jika kita install plugin lain di joomla misalnya ads manager.

Category dan Tag. Di setiap website yang memakai engine wordpress akan ter index postname itu sendiri, category dari postname tersebut, dan tag dari postname tersebut. Tapi kalau di joomla bagaimana ya…. mengatasi ini ???

Mungkin para pakar joomla bisa menerangkan itu semua dengan lebih jelas….

Comments(17)
  1. Rendi
  2. ariefew
  3. ariefew
  4. bionix
  5. Rendi
  6. ariefew
  7. Rendi
  8. mamas86
  9. ariefew
  10. Matt
  11. agus
  12. ariefew
  13. agus
  14. ariefew
  15. batiknovita.com
  16. putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.