Penggantian Nama Domain Baru MasEW.com

Penggantian Nama Domain Baru MasEW.com

Setelah 4 tahun blog personalku ini menggunakan nama domain ariefew.com, akhirnya kemarin kuputuskan untuk menggantinya dengan nama domain baru yaitu ariefew.com.

Keputusan penggantian nama domain ini, banyak faktor yang mempengaruhinya. Tapi yang utama adalah banyaknya kekeliruan penulisan dan pengucapan pada nama domain ariefew. Domain ariefew yang perupakan kependekan dar namaku sendiri yaitu Arief EW atau Arief Eko Wahyudi, sering terjadi kesalahan penulisan menjadi arifiew atau ariefiew. Yang jelas bukan aku sendiri yang salah loh…

Penggantian Nama Domain Baru MasEW.com

Nama domain baru ariefew.com sebenarnya sudah lama kuidam-idamkan. Karena nama ini identik dengan pemanggilan teman-teman yang banyak memanggilku EW. Kenapa kok pilih nama mas, bukan om? Yang jelas aku lebih suka dengan panggilan mas dibanding dengan panggilan lainnya. Panggilan mas kedengaran akrab dan mesrah di telingaku. hahahha…. lagian panggilan om kelihatan tua amat … padahal akukan masih ABG :p

Dari pada isinya cuma curhat tentang penggantian nama domain ariefew.com, aku cerita sedikit juga proses penggantiannya ya…..

ariefew.com dan ariefew.com bertempat di satu server dengan menggunakan engine wordpress. Awalnya, dikarenakan masih belum ada waktu untuk manage domain baru ariefew.com, maka ariefew.com kujadikan park domain yang porting ke ariefew.com. Setelah seminggu berlangsung, tepatnya kemarin bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, nama domain ariefew.com kulepas dari park domain/ porting ke domain ariefew.

Cara Penggantian Nama Domain Baru

Pasti ada yang bertanya bagaimana caranya? dan apa saja yang kulakukan dalam mengganti nama domain tersebut ? Bagaimana dengan index google ? Bagaimana dengan visitor ?

Cara penggantian nama domain di satu server versiku adalah :

  • Addon domain baru (ariefew.com) di server host. Nantinya akan terbentuk folder yang sama dengan nama domain tersebut. Di sini kupakai folder ariefew.com juga.
  • Di Google Webmaster Tools, daftarkan nama domain baru tersebut dan sekalian verifikasikan.
  • Di server host, dengan menggunakan file manager control panel Host. copy (bukan move) semua isi folder nama domain lama (ariefew.com) ke folder nama domain baru (ariefew.com).
  • Karena domain baru (ariefew.com) menggunakan database yang lama, maka tidak perlu ada pengeditan wp-config.php
  • Masuk ke database domain tersebut dengan menggunakan phpmyadmin, edit options – siteurl dengan nama domain baru. Di phpmyadmin cukup itu saja yang di edit, karena lainnya akan lama mencarinya.
  • Selanjutnya login ke dashboard dan masuk ke wp-admin blog. Di settings – general, edit WordPress Address (URL) dan Site Address (URL) dengan nama domain baru
  • Perbaiki settingan lainnya seperti xml sitemap, menu template, footer dan lainnya
  • Masuk kembali ke control panel host dan gunakan file manager untuk mengedit .htaccess
  • Masukkan script ini dibagian paling atas
    RewriteEngine on
    RewriteRule (.*) http://ariefew.com/$1 [R=301,L]
  • Masuk kembali ke google webmaster tools dan tambahin domain baru tersebut dengan feed dan sitemap

Sekarang penggantian domain sudah selesai. Kita tidak akan kehilangan visitor karena alamat baik itu secara direct, referal maupun dari search engine akan langsung di redirect ke domain yang baru. Untuk index-nya pun akan cepat berubah ke domain yang baru. Teknik ini biasa disebut redirect 301 menggunakan .htaccess

Selamat datang di nama domain baru ariefew.com

Comments(4)
  1. MdarulM
  2. ariefew
  3. mauhary
  4. udin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.