Karapan Sapi jadi Tema Utama Ulang Tahun Plat-M ke-2

Karapan Sapi atau Kerapan Sapi

Kalau kita bicara Karapan Sapi atau Kerapan Sapi, pasti akan terlintas Pulau Madura dibenak kita. Karapan sapi atau Kerapan Sapi, merupakan istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi yang diadakan di Madura.

Karapan Sapi

Karapan Sapi

Pada Perlombaan Karapan Sapi, kita akan melihat sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu tempat joki berdiri. Karapan sapi ini mempunyai lintasan sekitar 100 meter dan biasanya akan ditempuh dalam sekitar 10 detik.

Karapan Sapi, Perlomban Khas Madura

Karapan Sapi adalah acara khas masyarakat Madura yang di gelar setiap tahun pada bulan Agustus atau September, dan akan di lombakan lagi pada final di akhir bulan September atau October. Yaitu saat dimana masyarakat Madura telah sukses menuai hasil panen padi atau tembakau.

Karapan Sapi

Karapan Sapi

Karapan Sapi ini selain diperlombakan, juga merupakan ajang pesta rakyat dan tradisi yang prestis dan bisa mengangkat status sosial seseorang. Jutaan biaya yang harus dikeluarkan untuk melatih dan merawat sapi-sapi kapan ini.

Karapan Sapi

Karapan Sapi

Ada beberapa versi yang menceritakan asal-usul karapan sapi ini. Ada yang mengatakan karapan sapi ini munculnya utuk penyebaran agama Islam di Maduran dan satunya mengatakan bahwa karapan sapi ini muncul dengan sendirinya dikarenakan mereka ingin mengadu kekuatan dan kecepatan sapi-sapi mereka dalam mengolah sawah. Keluar dari kedua versi tersebut, karapan sapi ini telah ada di abad ke-14 di Madura.

Karapan Sapi jadi Tema Utama Ulang tahun Plat-M

Pada tanggal 23 Desember nanti, Komunitas Blogger Madura Plat-M akan merayakan hari jadinya yang ke dua. Dengan tema “Menduniakan Madura”, karapan sapi inilah yang akan dimunculkan ke kancah internet.

Kopdar Plat-M: Karapan sapi

Kopdar hari Minggu kemarin, banyak wacana yang akan dimunculkan untuk menjadikan karapan sapi ini lebih terkenal. Apa saja itu? kita tunggu saja gebrakan dari teman-teman Plat-M ini.

Ulang tahun Plat-M Ingin Lebih Mempopulerkan Karapan Sapi

Kopdar lesehan Plat-M yang diadakan di Taman Rekreasi Kota (TRK) Bangkalan yang berada di belakang Stadion Bangkalan tersebut dihadiri oleh 15 warga Plat-M. Perumusan dan pemantapan acara ulang tahun ke-2 Plat-M ini berlagsung dengan lancar.

Kopdar Plat-M: Karapan sapi

Jika Blogger Maros yang telah mempopulerkan “Objek Wisata Bantimurung” dan TPC yang akan mengangkat “Love KBS” dan Delta Blogger yang akan mengangkat “kerajinan tas dan koper Tanggulangin” maka warga Plat-M ingin mengangkat “Karapan Sapi” ke kancah masyarakat dan internet. Inilah wujud kepedulian para blogger untuk “Cinta Indonesia” yaitu “mendukung konten Indonesia” dengan dimulai dengan lokasi para blogger itu berada alias daerah sekitarnya.

Klebun Plat-M seperti karapan Sapi ?

Acara kopdar pra acara ulang tahun Plat-M ke-2 ini bukan ditutup dengan karapan sapi.

Klebun Plat-M seperti karapan Sapi ?

Aku gak tahu ini dinamakan apa. Karapan Kerbau juga bukan. Karapan anjing juga bukan. karapan kucing juga bukan. Atau lebih cocok Karapan Klebun aja ya…. kan hampir mirip dengan tema yang akan diusung oleh klebun Plat-M yaitu Karapan Sapi.

 

Comments(18)
  1. fazza
  2. ariefew
  3. TreTans.com
  4. ariefew
  5. MdarulM
  6. iezul blog
  7. lutfi
  8. lutfi
  9. joshap
  10. Joko Saputra
  11. Joko Saputra
  12. joe saputra
  13. Joko Saputra
  14. R Verry Kurniawan
  15. Joko Saputra
  16. Joko Saputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 8 = 9