Tips Mencuci Alat Makan yang Benar

Jenis penyakit infeksi pada umumnya yang banyak di derita oleh masyarakat adalah tifus, diare, dan disentri. Mayoritas penyebab dari penyakit tersebut adalah bakteri E coli. Bakteri tersebut mencemari alat makan dan air minum. Perabotan makan meskipun telah dicuci juga masih bisa dicemari. Oleh karena itu harus hati-hati. Meskipun sabun dipakai mencuci piring dapat membunuh bakteri, ternyata jika saat membuat alat tersebut menggunakan air yang telah tercemar E.col. maka bakteri akan tetap dapat masuk dalam tubuh sehingga menyebabkan penyakit.

alat makan

Nah, bagaimana dengan cara mencuci peralatan makan yang benar agar terhindar dari virus E coli. Berikut adalah tips mencuci perabotan makan yang benar:

  • Dicuci dan dibilas menggunakan air bersih.
  • Cuci di bawah air yang langsung mengalir.
  • Keringkan piring dan sendok atau dapat dilap.
  • Jangan mencuci wadah dalam air yang sudah dipakai berkali-kali.

Selain itu, dengan memasukkan perabotan makan ke dalam oven. Supaya kuman dan bakteri mati dan pemusnahannya pun akan lebih maksimal. Jika setelah dicuci maka bilas dengan menggunakan air hangat. Selain pencucian alat, cara penyimpanannya pun juga harus diperhatikan. Simpan alat makan pada tempat yang serangga dan hewan lainnya tidak dapat menjangkau. Karena jika sembrono maka, penggunaan air yang sudah tercemar dengan virus E.coli akan menyebabkan resiko diare pada balita sebanyak empat kali lipat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *