Pola Makan Penderita Diabetes dan Makanan yang Harus Dihindari

Didiagnosa mengalami penyakit kencing manis bagi banyak orang adalah berita mengerikan. Selain dapat mematikan jika dibiarkan, penyakit ini juga sangat membatasi seseorang bisa menikmati makanan yang diinginkan. Namun demi kesehatan tubuh, pola makan penderita diabetes memang harus dijaga. Setidaknya Anda harus tahu terlebih dahulu mana hidangan yang boleh disantap dan tidak.

Pola makan untuk penderita diabetes termasuk menghindari hidangan-hidangan di bawah ini:

  1. Makanan berkarbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana akan menambah glukosa di dalam darah, dan memperparah kencing manis. Karena itu, hindarilah makanan seperti nasi, roti putih, dan makanan lain dari tepung putih.

  1. Makanan manis

Makanan dengan kandungan gula tinggi seperti permen dan kue-kue bisa menambah kadar glukosa darah, menyebabkan kencing manis semakin parah.

  1. Susu

Meminum susu yang ditujukan bagi orang biasa sangat tidak bagus karena kandungan lemak di dalamnya tinggi. Pilihlah susu khusus untuk kencing manis atau ganti dengan susu kedelai.

  1. Buah

Buah bergula tinggi seperti pisang tidak diperbolehkan bagi orang yang mempunyai kencing manis, walaupun buah tersebut mengandung nutrisi lain yang bagus.

Mempunyai kencing manis tidak berarti tidak bisa makan enak. Anda hanya harus mengerti bahwa pola makan penderita diabetes memang harus diatur dan diawasi agar gula tetap normal. Anda tetap bisa menyantap hidangan enak, namun harus menjaga agar tidak mengonsumsi terlalu banyak. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih sebagai pelarut gula dan lemak di tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.