Beberapa Pertimbangan Memilih Reksadana Syariah

Reksadana syariah adalah instrumen investasi yang baru dan banyak sekali diminati, khususnya oleh umat muslim. Reksadana ini merupakan investasi secara kelompok yang dikelola oleh manajer investasi yang handal dan profesional. Oleh karena itu banyak orang memilih bergabung dalam investasi ini dengan memiliki alasan tersendiri. Salah satu alasan yang paling sering ditemui adalah karena investasi ini telah dilegalkan dengan prinsip halal oleh agama. Mereka yang tak ingin bersangkutan dengan riba tak ingin berinvestasi dengan cara biasa. Kemunculan reksadana dengan prinsip syariah juga tak lain untuk menjawab tuntutan tersebut. dengan prinsip-prinsip syariah dan memperhatikan nilai-hilai agama islam investasi ini dijalankan agar jauh dari riba dan mudarat.

reksadana syariah

Alasan lain yang biasa ditemui adalah karena cara pengelolaan investasi ini yang cukup mengesankan dengan profesionalitas yang tinggi. betapa tidak, tak sembarang orang bisa mengelola dan menjadi manajer investasi reksadana prinsip syariah. Selain ia juga harus mengerti tentang perekonomian syariah, ia juga harus sangat kompeten dalam ilmu perbankan. Dengan tenaga pengelola semacam ini maka investor tak perlu khawatir dengan modal yang telah ia tanamkan. Dana yang terbatas juga menjadi salah satu alasan bagi mereka yang ingin berpartisipasi dalam investasi reksadan prinsip syariah. Selain itu dividen yang bisa kita dapatkan dalam investasi ini juga lebih dari investasi yang sekedar deposito atau tabungan.

Investasi reksadana syariah juga minim resiko, sehingga banyak orang memutuskan untuk bergabung dalam instrumen investasi ini. resiko biaya bisa ditanggung bersama, resiko kebangkrutan juga minim karena investasi ini cenderung stabil. Namun pekerjaan utama anda adalah memilih bank untuk wadah investasi reksadana berprinsip syariah anda. Salah satu bank yang sangat kompeten dalam bidang ini adalah Schroders Indonesia dimana mereka telah lama berkecimpung dalam investasi reksadana berprinsip syariah ini. selain itu Schroders Indonesia juga telah meraih beberapa penghargaan tentang reksadana berprisip syariah dan dengan jenis campuran. Meskipun mungkin kurang akrab di telinga anda, Schroders Indonesia ini tak perlu anda ragukan lagi kompetensinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *