Perkembangan Otak Saat Petumbuhan Anak Balita

Otak merupakan hal penting yang harus terus dikembangkan, apalagi saat pertumbuhan anak balita berlangsung. Pasalnya otak adalah organ penting yang dimiliki oleh manusia. Untuk balita usia 2-5 tahun perkembangan otanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sebut saja karena nutrisi serta rangsangan saat bermain. Bermain adalah aktivitas yang dapat membentuk karakter otak balita. Usia 3-9 tahun adalah masa otak lebih banyak membutuhkan energi jika dibandingan saat usia lain.

pertumbuhan anak balita

Sebagai orang tua, anda tidak perlu khawatir bagaimana melatih perkembangan otak saat pertumbuhan buah hati. Karena ada beberapa hal yang dapat anda terapkan di masa usia bermainnya, antara lain:

  • Permainan mencocokkan bentuk yang dapat meningkatkan analisis anak lebih berkembang. Pasalnya, anak pasti akan melihat dengan seksama kemudian berusaha mencocokkannya,
  • Permainan menyusun balok yang sederhana ini juga memiliki manfaat seperti mencocokkan balok.

Melalui permainan merupakan tahap penting dalam pertumbuhan anak balita. Usia balita memang tidak bisa jauh dari dunia bermain. Sudah sepatutnya sebagai orang tua harus memberikan fasilitas yang aman bagi kesehatan balita. Genetis memiliki peran penting dalam potensi anak ke depannya. Misalnya, dengan jenis keterampilan anak, apakah anak memiliki potensi dalam bermusik ataupun olahraga, termasuk sifat pikiran serta perasaan. Otak bersifat elastis artinya pengalaman dapat mengubah ataupun mengarahkan karakter dalam diri balita anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *