Peranan Komunikasi dalam Keluarga untuk Membentuk Kepribadian Anak

Banyak hal yang dapat membentuk kepribadian anak. Hal-hal itu bisa berasal dari diri sendiri, lingkungan masyarakat, dan tak ketinggalan keluarga. Ya, keluarga merupakan tempat dimana anak pertama kali mengenal interaksi dan memahami sosialisasi antar sesama anggota keluarga. Ini juga termasuk peranan komunikasi dalam keluarga yang menuntun anak membentuk jati dirinya. Anda tentu bisa merasakan bahwa anak berusaha mencerna apa yang terjadi di sekitarnya. Komunikasi yang buruk di tengah-tengah keluarga hanya akan menjadikan anak memiliki persepsi yang tidak baik tentang kehidupan.

tips komunikasi dalam keluarga

Berdasarkan hal tersebut, penting bagi orangtua untuk membangun komunikasi di keluarga dengan baik. Komunikasi yang baik ini akan membentuk sikap yang bagus dalam diri anak, diantaranya:

  • Membentuk sikap saling mengerti dan memahami orang lain,
  • Menimbulkan keterbukaan dalam diri anak sehingga ia dapat bergaul lebih lincah dan mudah dekat dengan orang lain,
  • Memunculkan keceriaan pada anak sehingga menjadikan kepribadiannya tak lepas dari senyuman,
  • Membuat anak tidak bertindak gegabah karena selalu menanyakan baik-buruknya pada orangtua.

Tak hanya itu saja, dengan adanya komunikasi orangtua juga dapat memantau perkembangan anak. Setiap masalah yang dihadapi anak bisa diketahui oleh orangtua sehingga orangtua bisa mencarikan solusi yang tepat. Anak yang tumbuh dalam keluarga yang harmonis memang akan menjadi pribadi yang kokoh dan bersemangat sehingga dapat menjadikan anak lebih sukses dalam menjalani hidupnya. Itulah mengapa tips berkomunikasi dalam keluarga sangat penting dalam membentuk kepribadian seorang anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.