Merawat Peralatan Dapur Modern

Fungsi dapur masa kini telah berkembang tak hanya sebagai tempat mengolah makanan untuk dihidangkan ke anggota keluarga. Kini banyak dapur yang di desain dengan nuansa modern untuk menunjang penampilan rumah yang bergaya modern secara keseluruhan. Desain interior modern tersebut tak lepas dari pemilihan dan penggunaan alat dapur unik bertema modern mulai dari bagian-bagian yang besar seperti lemari, kompor sampai detail terkecil seperti sendok, garpu, piring, dan peralatan lainnya.

alat dapur

Alat dapur unik bertema modern biasanya terbuat dari bahan stainless steel yang dikenal sangat tahan dengan karat, korosi dan noda membandel karena tidak mudah bereaksi dengan makanan dan udara. Selain itu alat dapur stainless juga mudah perawatannya karena mudah dibersihkan. Anda cukup menggunakan sabun cuci untuk peralatan dapur seperti sunlight jeruk nipis 100 yang ampuh mengangkat kotoran sisa makanan dan lemak yang kadang sangat lengket dan sulit untuk diangkat. Dengan menggunakan sabun cuci yang mampu mengangkat kotoran, noda membandel dan lemak dengan ampuh maka kebersihan alat dapur unik stainless steel anda akan senantiasa terjaga.

Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah peralatan dari stainless steel tidak terlalu tahan terhadap air sehingga kekeringannya harus selalu dijaga. Setiap anda selesai mencuci segera di gantungkan atau di letakkan dengan posisi menelungkup di atas wadah plastik agar air segera menetes dan cepat kering. Untuk lebih aman anda bisa mengelap menggunakan kain lembut khusus peralatan dapur agar noda air tidak mengering di permukaan stainless steel dan menimbulkan bercak.

Selain itu, alat dapur stainless steel bukanlah bahan penghantar panas yang cukup baik. Untuk wajan atau panci stainless steel biasanya ditambahkan lapisan logam lain yang merupakan konduktor panas yang baik seperti besi atau aluminium. Jika peralatan dapur stainless steel anda terlalu sering dipanaskan biasanya akan muncul guratan warna menyerupai pelangi pada bagian dasarnya. Sebaiknya untuk menghilangkan guratan tersebut gunakan pembersih khusus bahan stainless steel agar warna mirip pelangi tersebut hilang. Gunakan bahan spons yang lembut agar tidak menggores permukaan alat dan mengurangi kemilaunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *