Menghindari Penipuan Ketika Belanja Online di Indonesia

Setiap tahun dikenal dengan jumlah penipuan yang semakin meningkat. Cara yang dilakukan pelaku pun cukup beragam, melalui telepon, surat pos, email dan internet yang dimaksudkan untuk mengirim sejumlah uang dan memberi informasi pribadi. Ditambah lagi sekarang sedang populer yaitu melalui belanja online. Banyak dari kalangan rumah tangga yang menempuh jalur belanja online Indonesia karena dianggap lebih mudah dan cepat.

belanja online Indonesia

Ketika anda memutuskan untuk belanja bulanan secara online, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari penipuan, yakni:

  • Mengetahui dengan siapa anda berurusan

Cobalah lebih memilih toko online yang memiliki identitas lengkap seperti alamat lengkap dan nomor telepon yang masih aktif. Dengan begitu transaksi yang akan dilakukan memungkinkan lebih aman dan produk dapat dengan selamat sampai kerumah anda.

  • Baca laporan buku rekening anda

Scammers tak jarang mencuri informasi pribadi dan kemudian akan menuju biaya tertentu bahkan melakukan kejahatan dengan nama anda. Penjual yang tidak jujur akan menagih biaya keanggotaan bulanan dan barang lain tanpa otorisasi pelanggan. Jika melihat tagihan yang tidak dikenal, sebaiknya hubungi bank atau kreditur anda segera.

 Itulah sebagian kecil yang dapat menghindari anda dari penipuan. Setidaknya belanja bulanan online akan terbantu lebih nyaman. Hal paling penting saat memutuskan transaksi online adalah dilakukan dengan banyak pertimbangan. Sudah langkah terbaik jika anda melakukannya dengan cara yang waspada. Dengan demikian, anda bisa saja lebih bijak saat berhadapan dengan dunia maya.

Comments (1)
  1. Justin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *