Mengenal Alat Makan Tradisional Indonesia

Di era modern yang serba praktis ini, kita menggunakan alat makan yang terbuat dari keramik, melamin, atau plastik. Tahukah Anda bahwa zaman dahulu nenek moyang kita menggunakan tanah liat sebagai peralatan dapur dan makan? Tanah Jawa yang kawa akan kontur tanah liat membuat orang zaman dahulu memanfaatkannya menjadi beragam alat seperti di bawah ini.

alat makan

Enthong

Enthong adalah sendok nasi yang terbuat dari kayu. Orang dulu banyak memakainya, tapi masyarakat modern lebih suka menggunakan enthong dari plastik yang dinilai lebih murah dan awet. Enthong kayu memang masih digunakan sebagian masyarakat, tapi tidak diproduksi dalam jumlah besar lagi. Justru sekarang enthong kayu menjadi souvenir pernikahan yang unik.

Kendhil

Kendhil masih digunakan sebagian kecil masyarakat Yogyakarta. Alat masak yang satu ini dipakai untuk menanak nasi atau merebus air. Terbuat dari campuran aluminium dan besi dengan ketebalan hingga 4 cm. Jadi, memang berat dan awet. Sekarang kendhil sudah diganti dengan panci aluminium yang tipis atau teflon.

Lemper

Piring orang zaman dahulu terbuat dari tanah liat seperti tempat untuk menghaluskan bumbu. Tanah tersebut dibentuk, kemudian dijemur di bawah terik matahari. Sebelum digunakan, lemper harus dibakar terlebih dahulu agar awet dan mengeras.

Kendhi

Kendhi digunakan oleh masyarakat zaman dahulu untuk menampung air minum. Sama dengan lemper, kendhi juga dibuat dari tanah liat yang dibakar dulu sebelum digunakan. Bentuknya besar di bagian bawah, kemudian ada bagian seperti leher dan melingkar di atas. Ada lubang kecil untuk mengeluarkan air. Alat makan yang satu ini bisa mendinginkan air tanpa mengubah aroma dan cita rasanya.

Wajan Cekung

Satu lagi alat yang digunakan oleh orang zaman dahulu, bahkan sampai sekarang masih ada, yaitu wajan cekung. Terbuat dari tanah liat yang tebal dan agak berat. Masyarakat sekarang menggunakan wajan cekung untuk membuat shangrai atau penggorengan tanpa minyak. Wajan cekung masih banyak ditemukan di pasar tradisional. Semua alat untuk makan tersebut harus dibersihkan dengan sabun cuci sunlight. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *