Kenali Lebih Jauh Dunia Ads Network Penuh trik dan intrik, serta dibalut dengan kebebasan yang kadang suka bikin kebablasan!

Pernah lihat iklan-iklan nyeleneh di situs-situs? Atau justru iklan menipu yang bikin mata pria terbelalak waktu lagi asyik di Facebook?

Nah kadang iklan-iklan kayak gitu memang menggoda banget buat diklik. Harus diakui kalau gambar dan tulisan yang ada di iklan itu memang bikin penasaran luar biasa! Soalnya nggak jarang, pesan di judulnya itu berhubungan sama sensasi yang lagi beredar dan lagi hits banget!

Kadang, kita langsung sebel sama pihak seperti situs atau brand yang namanya tertulis di iklan online nyeleneh itu. Tapi sebenarnya, itu belum tentu salah mereka lho! Bisa jadi nama mereka cuma dipakai saja dan disalahgunakan oleh pihak yang nggak bertanggung jawab.

Dari baca-baca dan tanya sana-sini, saya akhirnya paham juga nih soal permainan ads network (begini sebutannya) ini. Memang nggak sampai dalam banget sih, tapi paling nggak, saya jadi ngerti, “begini toh cara main dunia ads network itu…”.

PLATFORM BEBAS

Dari yang saya dapat, adnetwork ini punya platform khusus untuk memasarkan atau mempromosikan sesuatu. Baik itu situs atau aplikasi untuk gadget. Nantinya iklan itu akan dipasang di situs atau aplikasi atau bahkan media sosial.

Lewat sistem rumit yang mereka miliki, si pemasang iklan bisa langsung memasukkan kampanye atau promosi yang mereka inginkan. Cuma dengan daftar, login, kamu langsung bisa jadi si pemasang iklan, yang bisa dengan bebas membuat iklan sesuai dengan keinginan.

Dalam membuat iklannya, kamu harus memasukkan APK atau link URL ke situs yang ingin kamu promosikan. Gampang banget kan?

KEBEBASAN YANG KEBABLASAN

Sayangnya, dengan semua kebebasan itu, masih ada kebablasan yang harus dihadapi. Parahnya lagi, kebablasan ini bisa melibatkan nama dan pihak lain yang juga menggunakan layanan ads network ini.

Gimana kebablasannya?

Dari info yang saya dapat, sekali kamu tergabung dengan salah satu platform ads network, kamu bisa bebas melihat beragam APK atau promosi lain yang juga ada di ads network itu! Lebih parahnya lagi, semua yang tergabung di platform ads network bisa menggunakan semua materi promosi yang ada di sana!

Kamu bisa mempromosikan produk kamu, dengan memakai nama brand lain yang kamu inginkan, dan dengan judul yang kamu inginkan. Ditambah lagi, kamu juga bisa memakai foto atau gambar apa pun yang kamu inginkan!

Jadi, jangan heran kalau ada iklan yang berjudul bombastis, dengan foto atau gambar yang sangat menggoda, dan dengan embel-embel salah satu brand. Padahal, kalau kamu klik iklan itu, belum tentu kamu diarahkan ke situs atau aplikasi brand tersebut!

Kusut? Memang seperti itu kurang lebih kusutnya ekosistem ads networks ini. Siapa pun bisa mendompleng nama besar, bahkan menyalahgunakan nama besar yang ada.

Kalau saya rangkum secara singkat, siapa pun yang tergabung di platform ads networks bisa membuat promosi dengan menggunakan materi, nama, link URL, APK, dan gambar seperti apa pun. Semua demi tujuan yang mungkin kita sama-sama tahu, keuntungan. Atau bahkan kejahatan, untuk menjatuhkan pesaing bisnis misalnya.

ADA ATURANNYA NGGAK SIH?

Kalau memang ekosistem ads networks itu segitu bebasnya, masa iya nggak ada peraturannya?

Kayak yang kita sama-sama tahu, sebuah bisnis pasti punya Syarat dan Ketentuan yang tentunya berlaku di bisnis itu. Begitu juga ads networks. Setiap platform ads networks punya regulasinya masing-masing.

Lalu, kenapa mereka nggak menurunkan iklan yang nggak sepantasnya, atau iklan yang cenderung misleading dan menipu? Mereka bisa kok menurunkan iklan itu. Dengan catatan, ada pihak yang mengadu atau protes ke mereka.

Kalau nggak ada yang mengadu bagaimana? Ya iklan itu akan terus beredar di berbagai situs dan media sosial. Karena memang ekosistem ads networks ini susah sekali untuk dikontrol dengan detail.

BELAJAR DAN LEBIH TAHU

Jujur, setelah tahu lebih banyak soal ekosistem ads networks ini, mata saya jadi lebih terbuka sih. Saya jadi bisa lebih paham lagi kalau melihat iklan-iklan aneh di dunia maya. Saya nggak serta merta menuding bahwa itu adalah kesalahan brand yang namanya dijadikan judul iklan, atau brand yang situsnya terbuka saat saya mengklik iklan tersebut.

Seluk beluk ekosistem digital dan ads networks memang luar biasa rumit. Mari sama-sama belajar, dan jadi lebih tahu soal semua trik dan nggak gampang percaya kalau menemukan iklan-iklan penuh tipuan seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *