Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang bagian saluran pernapasan, yaitu tenggorokan. Peradangan ini adalah suatu gejala yang dapat timbul karena adanya gangguan pada bagian tenggorokan yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Radang yang terjadi pada bagian tenggorokan memang bukan digolongkan menjadi penyakit yang berbahaya, namun jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan baik bisa juga menjadi penyakit sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Peradangan pada bagian tenggorokan memang menjadi salah satu penyakit yang sering menyerang seseorang, terutama anak-anak. Biasanya radang yang terjadi di tenggorokan terjadi disertai dengan demam atau batuk.

Radang Tenggorokan

Adapun beberapa gejala yang terjadi pada saat terjadi radang pada tenggorokan adalah rasa sakit atau nyeri pada bagian tenggorokan saat bernapas, berbicara, menelas atau aktivitas tubuh lain yang berhubungan dengan tenggorokan. Kemudian ada pula gejala tenggorokan yang terasa kering, terdapat luka kecil dan disertai dengan pembengkakan tenggorokan. Radang pada tenggorokan memang biasanya diikuti oleh beberapa penyakit lain seperti flu, demam, batuk-batuk, dan badan terasa tidak nyaman atau tidak enak badan. Pada sebagian besar kasus memang tidak banyak radang pada tenggorokan memerlukan penanganan medis. Namun, seperti yang telah dijelaskan tadi, radang tenggorokan yang dibiarkan dapat membahayakan kesehatan tubuh dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketika radang tenggorokan menjadi lebih parah dan serius karena disebabkan oleh bakteri maupun virus, maka akan terjadi gejala-gejala tertentu seperti adanya cairan putih atau nanah, kesulitan untuk menelan, muntah, radang pada tenggorokan menjadi sangat sering terjadi, sakit kepala, dan juga demam yang tinggi, serta gejala lainnya.

Cara untuk mengatasi radang tenggorokan ada beberapa. Pertama adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat membuat bakteri masuk kedalam tubuh, seperti menjaga kebersihan, hindari perokok dan jangan mau menjadi perokok pasif, dan lain sebagainya. Cara yang kedua adalah berkumur dengan menggunakan air putih hangat yang dicampur dengan garam dan juga kunyit. Gunakan air tersebut untuk berkumur minimal 3 kali sehari. Atau bisa mengkonsumsi madu secara rutin setiap harinya. Perbanyak konsumsi air hangat juga dapat mengurangi rasa sakit saat terjadi radang pada tenggorokan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *