Beragam Bahan Pembuat Peralatan Makan

Banyak sekali bahan yang digunakan untuk membuat peralatan dapur, termasuk piring dan gelas. Masing-masing negara menggunakan alat yang berbeda sesuai dengan bahan yang melimpah di tempat tersebut. Nah, untuk mengenal bahan peralatan makan lebih dekat, yuk tengok informasi berikut ini.

Porselen atau Keramik

Orang China suka sekali menggunakan keramik sebagai alat makannya. Menurut mereka, keramik atau porselen punya kemewahan tersendiri. Mereka tidak hanya menggunakan keramik sebagai piring saja, tapi juga semua mangkuk sayur, gelas minum teh, alat merebus, dan sendok.

peralatan makan

Kebiasaan menggunakan peralatan dapur dari porselen rupanya juga terjadi di Korea dan Jepang. Dua negara yang mirip dengan masyarakat China itu telah lama memanfaatkan porselen sebagai alat makan. Untuk Indonesia sendiri hanya menggunakannya sebagai piring makan dan jarang dipakai untuk memasak sayur.

Plastik

Plastik banyak dipakai oleh masyarakat barat yang modern sebagai pengganti alat tradisional. Mereka menciptakan peralatan dari plastik yang diklaim tahan panas dan tidak akan meleleh. Untuk masyarakat Indonesia sendiri cukup familiar dengan peralatan plastik tersebut, hanya saja tidak dipakai sehari-hari. Orang Indonesia lebih suka memakai piring keramik yang lebar dan bulat.

Stainless Steel

Biasanya bahan yang tidak bisa berkarat ini digunakan untuk membuat sendok dan garpu. Tapi di beberapa tempat juga dipakai untuk membuat piring. Zaman yang modern ini, stainless steel juga digunakan untuk membuat alat makan sayur ketika sedang prasmanan. Stainless steel dinilai lebih praktis dan tidak mudah pecah sehingga aman untuk disewakan.

 

Tanah Liat

Meski sekarang jarang digunakan, tapi kita harus mengakui kalau ada peralatan dapur yang terbuat dari tanah liat. Nenek moyang kitalah yang dulu menggunakannya. Hal ini sesuai dengan kontur tanah di Indonesia yang memang padat dan bisa dipakai untuk membuat banyak barang.

Melamin

Melamin adalah tempat makan yang sulit dipecahkan. Beberapa orang menganggap bahwa peralatan dari melamin terlihat lebih mahal. Tapi ada yang menyebutkan bahwa melamin sebenarnya kurang baik untuk dijadikan peralatan dapur karena dapat bercampur dengan makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.