4 Makanan Bayi untuk Usia 4-6 Bulan

Kebutuhan bayi akan nutrisi akan terus meningkat seiring dengan pertambahan usianya, sehingga membutuhkan makanan bayi. Berfungsi mensuplai kebutuhan nutrisi tersebut dengan baik, mengingat memberikan ASI saja akan kurang memadahi kebutuhannya. Bagi beberapa ibu yang beruntung, memang bisa memberikan ASI hingga 6 bulan secara eksklusif. Sayangnya beberapa ibu tidak seberuntung itu karena harus bekerja dan hanya mendapatkan cuti beberapa bulan saja.

makanan bayi

Meskipun pemenuhan ASI untuk bayi tersendat, bukan berarti asupan nutrisi akan terhenti. Anda bisa memulai memperkenalkan makanan untuk bayi yang sesuai dengan usianya. Berikut makanan yang tepat untuk bayi usia 4-6 bulan:

  1. Susu formula, yang memang menjadi pilihan utama yang diberikan kepada bayi ketika suplai ASI tidak bisa dipenuhi dengan baik.
  2. Memberikan bubur beras terutama jenis beras merah yang dimasak dengan kaldu ayam untuk menambah rasa dan kandungan protein hewani.
  3. Buah-buahan yang dihaluskan agar mudah dimasukkan ke mulut si kecil.
  4. Daging ikan maupun sapi tanpa lemak yang diblender.

Memperkenalkan makanan selain ASI kepada bayi, sebaiknya tidak sekaligus dalam satu waktu makannya. Karena masih asing dengan lidah dan juga sistem pencernannya, sebaiknya diperkenalkan satu per satu. Hal ini memudahkan anda mengenali bahan makanan apa saja yang menimbulkan reaksi alergi atau tidak. Kemudian juga lebih mudah menentukan makanan bayi yang disukai si kecil atau sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *